e-mail: unpadhistorian15@gmail.com

DETIK-DETIK MENUJU PUNCAK PERJUANGAN PROKLAMASI INDONESIA

Oleh : Faizal Aziz
180310150031


PANITIA PERSIAPAN KEMERDEKAAN INDONESIA (PPKI)
Awal mula munculnya perjuangan untuk memproklamasikan kemerdekaan Indonsia dari golongan muda maupun golongan tua, harus secepatnya di proklamasikan. Tetapi terjadinya beda pemikiranatau atau beda pendapat antara golongan muda dengan golongan tua. Golongan tua berkeinginan Indonesia proklamasi dengan cara diplomatik dengan Jepang tanpa mengorbankan jiwa raga. Sedengankan golongan muda berkeinginan bahwa proklamasi kemerdekaan itu hak rakyat dan tidak adanya campur tangan dengan Jepang.
Pada tanggal 7 Agustus 1945 pembentukanya Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia atau yang disebut dengan (PPKI). Jendral besar Jepang Terauchi pemimpin tertinggi di Asia Tenggara memaggil tiga tokoh Pergerakan Nasional yang diantaranya yaitu, Ir. Soekarno, Drs. Moh. Hatta, dr. Radjiman Wediodiningrat. Pada tanggal 9 Agustus 1945 ketiga tokoh Pergerakan Nasional ini dipanggil oleh Jendral Terauchi untuk menuju markas Vietnam Selatan di daerah Dalat.
Pada tanggal 12 Agustus 1945 Jendral besar Terauchi menyampaikan kepada tiga Pergerak Nasional itu bahwa segera memberikan kemeredekaan kepada Indonesia dengan wilayah meliputi bekas jajahan Hindia Belanda. Pada tanggal 14 Agustus 1945 tiga tokoh Pergerakan Nasional itu kembali ke Jakarta. Sedangkan Jepang sedang mengalami keambrukan di negaranya yang menybabkan jepang ambruk adalah kota Nagasaki dan Hirosima di Bom Atom oleh Amerika. Disela sela kehancuran Jepang golongan mudah dan golongan tua lagi lagi tidak setujuan, golongan tua ingin proklamasi kemerdekaan Indonesia ini harus dilengkapi oleh Jepang, sedangkan golongan muda ingin secepat-cepatnya memproklamasikan kemerdekaan Indonesia dengan sendirinya, karena ini waktu yang pas disebebkan Jepang sedang mengalami ketepurukan akibat serangan dari Amerika yang membom bardir kota Nagasaki dan Hirosima di jatuhi Bom Atom.
Golongan pemuda mengadakan rapat di suatu ruangan lembaga Bakteriologi yang sekarang menjadi Universitas Indonesia dan fakultas kesehatan. Hasil rapat itu, golongan muda akan mengamankan Ir. Soekarno dan Moh Hatta ke Rengasdengklok Kabupaten Kerawang untuk mengamankan agar tidak dipengaruhi Jepang. Setelahnya di amankan beberapa hari di Rengasdengklok Ir Soekrno dan Moh Hatta kembali ke Jakarta untuk menyepakati Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dengan para golongan muda dan golongan tua pada tanggal 17 Agustus 1945.
PERUMUSAN TEKS PROKLAMASI
Jakarta pukul 23.30 rombongan menuju rumah Laksamana Maeda, setelah sampainya Ir. Soekarno, Moh Hatta dan Mr. Subardjo langsung membahas teks proklamasi kemerdekaan Indonesia. Dalam perumusan proklamasi tiga tokoh itu membahas dengan santai dan lancer, dalam teks proklamasi juga ada beberapa kalimat yang di ambil dari piagam Jakarta 22 Juni 1945. Ir soekarno menuliskan dalam ayat pertama yang berkalimat seperti ini “ Kami bangsa Indonesia dengan ini menyatakan kemerdekan Indonesia” Mr. Subardjo mengkalimatkan “ Atas berkat rahmat allah yang di dorong keinginan leluhur supaya berkehidupan dan kebangsaan yang bebas maka dengan ini rakyat Indonesia menyatakan kemerdekanya” Moh Hatta mengkalimatkan “Hal yang mengenai pepindahan kekuasaan  dan lain-lain dan diselenggarakan dengan cara saksama dengan tempo sesingkat-singkatnya.
Teks Proklamasi
Kami bangsa Indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaan Indonesia. Hal-hal yang mengenai pemindahan kekuasaan dan lain-lain. Diselenggarakan dengan cara saksama dalam tempo yang sesingkat-singkatnya.
Djakarta, 17-8-05
Setelah tiga tokoh pergerakan Nasional itu selesai merumuskan naskah proklamasi, lalu mereka menuju Serambi untuk menemui para hadirin yang berada di tempat itu. Lalu Ir. Soekarno menyarankan agar semua menandatangin teks proklaasi itu, tetapi di tentang oleh golongan muda yaitu Sukarni memberi masukan kepada Ir Soekarno dan golongan muda dan tua agar yang bertndatangan di teks proklamasi itu hanya dua orang saja yaitu Ir. Soekarno dan Moh. Hatta. Setelah itu adanya perubahan Teks proklamasi yang di edit atau revisi oleh Sajuti Melik ada tiga perubahan dalam tek proklamasi itu yang pertama kata “Tempoh” diganti dengan “Tempo” lalu “Wakil-wakil bangsa Indonesia diganti dengan “Atas nama bangsa Indonesia” kemudian cara penulisan tanggal juga diganti menjadi “Djakarta,17-8-05. Setalh terjadinya perubahan naskah proklamasi ini ditandatangani oleh Ir. Soekarno dan Moh. Hatta.


Teks Proklamasi
Kami bangsa Indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaan Indonesia. Hal-hal yang mengenai pemindahan kekuasaan dan lain-lain. Diselenggarakan dengan cara saksama dalam tempo yang sesingkat-singkatnya.


Djakarta, 17 boelan 8 tahoen-05
Atas nama bangsa Indonesia
Soekarno/Hatta
(Tandatangan Soekarno)
  (Tandatangan Hatta)

Sumber : Marwati Djoened Poesponegoro Nugroho Notosusanto Sejarah Nasional Indonesia Zaman Pendudukan Jepang 1945.

2 komentar:

  1. ngeri kieu euy nu ngarana faizal aziz teh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gimana Bang Hekal? Nambah wawasan kan baca karya bang Faisal Aziz :D

      Hapus