e-mail: unpadhistorian15@gmail.com

Nintendo : Kebangkitan Console Game Generasi Awal

Oleh Keenan Armand Ibrahim
180310150077


 


Pada tanggal 3 maret 207 kemarin, Nintendo baru saja menggebrak pasar industri game yang ada didunia. Karena pada hari itu Nintendo baru saja merilis console game terbaru yakni Nintendo Switch. berbeda dengan produk Nintendo sebelumnya, Nintendo switch ini hadir dengan konsep portable dan beberapa atribut lain di dalamnya. Secara fisik terlihat sekali bahwa Nintendo sangat ingin mengubah cara desain produk mereka agar terlihat lebih menarik. Jika dilihat beberapa console portable dari produk playstation,  perkembangan fisiknya sangatlah biasa, contohnya perubahan produk PSP dan di upgrade di PSVita. Produk PSVita secara fisik hanya menambahkan layar touch screen, dan beberapa upgrade game baru. Berbeda dengan Nintendo switch yang keluar dengan desain tablet berukuran 6,2 inch dan mempunyai controller atau joystick yang disematkan di kedua sisinya. terlebih lagi joystick yang ada di kedua sisinya juga menggunakan sensor agar pengguna dapat memainkannya dengan jarak yang agak jauh. Nintendo switch juga bisa digunakan dengan mode layar yang disambungkan ke televisi. Game-game yang hadir pertama kali juga merupakan game yang sangat bersahabat dengan pasar masa kini, seperti game “The Legend Of Zelda” yang mengutamakan grafik dan gameplaynya serta beberapa game yang bernuansa kekeluargaan. Nintendo seperti bangun dari tidur panjangnya. Selama ini Nintendo hanya mengandalkan konten-konten yang apa adanya dan tidak dapat menggebrak pasar game dunia. Dari awal kemunculan playstation, Nintendo selalu kalah saing dengan playstation dan ditambah lagi hadirnya Xbox yang beberapa tahun ini dapat menyaingi penjualan produk playstation. Apa saja yang dilakukan Nintendo beberapa tahun belakangan ini? Untuk lebih jelasnya mari kita bahas sejarah perkembangan Nintendo dari awal hingga saat ini.
Nintendo didirikan pada tahun 1889 di Kyoto, Jepang oleh Fusajiro Yamauchi. Awalnya sebagai perusahan pembuat kartu, mereka baru memproduksi console gaming pada tahun 1977. Pada awal kemunculannya, Nintendo merupakan monster dalam industri game yang ada di dunia pada saat itu, hingga dijulusi sebagai satu-satunya perusahaan pembuat console tertua di dunia. Padahal ada juga beberapa generasi game console sebelum Nintendo, tapi kemunculannya tidak seheboh Nintendo. Color TV Game adalah console pertama yang dibuat oleh Nintendo. Console ini dirilis di jepang, dan kurang di ekspos di luar jepang. Namun produksinya dihentikan pada tahun 1980. Pada tahun 1983 mulailah Nintendo memasarkan produknya hingga ke luar jepang. Nintendo Entertainment System (NES)/Family Computer (FAMICOM) adalah console Nintendo yang kemungkinan pertama kali dikenal oleh masyarakat dunia, bahkan di Indonesia. NES terkenal dengan warna khasnya yaitu abu-merah dan joystciknya berbentuk kotak dengan tombol A-B, Start-select, dan 4 tombol arah di dalamnya. Pruduk inipun menyebar ke pasar eropa hingga amerika. Penjualan NES pada saat itu bisa dibilang sangat fantastis yakni sebanyak 61,91 juta unit. Hingga produksinya diberhentikan, masyarakat masih terus memainkan produk tersebut dikarenakan unsure game-gamenya yang menarik dan merupakan hal yang baru bagi industry game dunia.
Tahun 1989, Nintendo melakukan inovasi bentuk produk dengan meluncurkan console portable, yakni Nintendo Game Boy. Produk inipun sangat laris di pasaran pada masa itu, dengan ciri khas gamenya yaitu “Tetris”. Kesuksesan dari produk sebelumnya juga membuat Nintendo kian pede membuat inovasi-inovasi lain yang dapat mengejutkan para penikmat game yang ada di dunia. Tahun 1991 hadirlah produk Super Nintendo yang merupakan console rumahan ‘Next Generation’ pada masa itu. Teknologi pada console ini juga dikembangkan dengan adanya grafis 16-bit serta hardware yang lebih canggih. Beberapa gamenya pun sangatlah fenomenal yaitu super Mario world, dongkey kong country, hingga final fantasi VI. Tahun 1996 nintendo merilis ultra 64 sebagai console terbarunya di jepang dan amerika utara. Kemudian disusul perilisan di Australia dan eropa tahun 1997. Produk ini tidak jauh beda dengan produk sebelumnya, hanya menambahkan kualitas dari gamenya. Dan pada tahun itulah saingan terbesar Nintendo muncul yaitu sony. Hadirnya playstation 1 membuat langkah Nintendo menjadi sangat terhambat. Nintendo berusaha mengimbangi kehebatan produk playstation dengan menghadirkan GameCube, walaupun pada akhirnya nintendi gagal menyaingi kesuksesan playstation. dan pada saat inilah Nintendo mulai redup dan produk yang dihasilkan tidak dominan, hingga Nintendo harus bertahan di dalam kerasnya persaingan dunia console video game dengan ketekunan dan mengandalkan produk originalnya. Hingga pada akhirnya Nintendo kembali merilis Nintendo WII yang merupakan inovasi baru dalam dunia game dan dapat kembali bersaing di pasar game dunia.
Kembalinya Nintendo dari tidur panjangnya dengan mengeluarkan console gaming yang sangat berinovasi dapat membuat sony dan Microsoft menjadi waswas. Terlebih lagi lahirnya Nintendo switch yang belakangan ini dapat mengalahkan  jumlah pemasaran dari sony dan Microsoft. Walaupun harga yang dipasarkan pada Nintendo switch tidak terjangkau, namun inovasi yang dihadirkan dapat menarik perhatian pecinta game rela menghamburkan uangnya agar bisa memainkan Nintendo switch tersebut. Padahal di waktu yang bersamaan saingan Nintendo yakni playstation dan Xbox juga mengeluarkan produk yang bisa dibilang generasi game yang sangat canggih. Namun perjalanan Nintendo switch juga tidak berjalan dengan mulus. Semenjak rilisnya produk tersebut terdapat banyak kritikan-kritikan yang masuk untuk Nintendo. Namun kritikan tersebut dapat diatasi dan memuaskan para pelanggan, sehingga respon-respon positif tersebut menjadi suatu nilai plus dari sistem pemasaran yang dilakukan oleh Nintendo. Adanya inovasi-inovasi yang dihadirkan di industry game pada saat ini membuat kita harus cerdas memilih produk. Kesesuaian budget, genre permainan itu yang harus kita perhatikan dalam memilih game. Agar kepuasan diri kita dapat terpenuhi dan dapat menjadikan kita lebih produktif.

Sumber
- M. Iwan Janwar & E.F. Turmudzi. 2006. Game Mania. Jakarta: GEMA INSANI
- m.liputan6.com/tag/Nintendo-switch
-m.detik.com/inet/review-produk/d-3461890/Nintendo-switch-bukan-sekedar-produk-penggembira

0 komentar: